Friday, September 30, 2011

Setahun yang lalu!!

Setahun yang lalu,,tanggal 30 September..jam 8 pagi kakak saya sedang membersihkan bibir papa yang terbaring lemah diatas tempat tidur dan saya membimbing membacakan kalimat syahadat ditelinganya sebelah kanan. Beliau yang sudah tiga hari tidak sadarkan diri,,tidak tahu siapa kita dan tidak mau makan dan minum  dan memiliki tatapan mata yang kosong tiba tiba berubah matanya menjadi sangat jernih dan memberikan seutas senyum yang sangat indah.
Saya dan kakak saya langsung kaget,,dan mencoba memanggil adik saya dan ibu saya..ketika kita sudah berkumpul didekatnya,,kembali dia memberikan senyum..dan sesaat kemudian nafasnya mulai sesak,,dan sat itulah beliau pergi untuk selamanya. Masih teringat jelas dalam ingatan saya,,betapa manisnya dan tulusnya senyuman terakhir itu..senyuman yang selama beberapa hari terakhir tidak pernah lagi beliau perlihatkan,,ternyata itu menjadi senyum beliau yang terakhir yang akan kami kenang selamanya..
Pa,,setahun sudah engkau pergi..dan kami disini masih merasa itu kemaren. Apa kabar papa disana? Papa Sehat??Apa papa masih kurus seperti yg terakhir kita bertemu??
tiba-tiba saya jadi ingat semuanya..masa2 saat beliau menahan rasa sakitnya..saat betapa tidak maunya beliau dibantu berdiri,,saat harus berkali2 ganti baju karena keringat yang selalu mengalir,,saat tiba2 kedinginan dan kemudian merasa kepanasan,,saat tengah malam saya terbangun dan beliau minta dikipasin karena kepanasan,,saat saya harus berkali2 bikin telor mata sapi karena tidak sesuai dengan seleranya..saat saya harus meninggalkannya dan kembali ke bandung,,padahal beliau masih sangat lemah..saat betapa keras hatinya untuk tetap melakukan ritual "manyudahi alek" tanpa memikirkan kondisinya..*meweek lagi

Pa,,semua yang kami lakukan rasanya belum ada apa2nya dengan apa yang telah engkau lakukan untuk kami..rasanya ami belum cukup berbakti kepada engkau. Masih butuh waktu yang lebih banyak untuk membalas semua yang telah engkau perbuat untuk kami,,Namun ternyata Tuhan berkata lain..sampai disini engkau menemani dan membimbing kami..Kami harus ikhlas,,Semoga walaupun engkau tidak lagi bersama kami tapi engkau tetap bisa merasakan apa yg kami perbuat untuk mu. Semoga engkau bahagia disana pa..Saya yakin papa akan bahagia disana,,saya yakin papa akan mendapat tempat baik disana..karena papa adalah orang yang paling tulus dan ikhlas selama ini..Saya sangat sayang papa..Sumpah,,saat ini ingin sekali rasanya memanggil Mak bulek lagi,,dan kita bercanda lagi.. :(
Pa,angie taragak ..

No comments:

Post a Comment